Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo

Gubernur Jawa Tengah Periode 2018 - 2023

PENGOLAHAN INFORMASI didukung oleh:

PENGOLAHAN INFORMASI didukung oleh:

No. Urut Paslon

No. 3

Dicalonkan sebagai

Calon Presiden

Umur

55 Tahun

Tempat & Tanggal Lahir

Karanganyar, 28 Oktober 1968

Pasangan Kandidat

Mahfud MD

Keterangan

Informasi di halaman ini didapatkan dari berbagai sumber dan di-edit oleh para ahli. Baca penjelasan tentang sumber data, metodologi riset, dan disclaimer di sini.

Jika konten dirasa kurang sesuai, masukkan feedbackmu melalui feedback form (di halaman bawah) atau kontak kami melalui contact@bijakmemilih.id, agar kami dapat mereview ulang.

πŸ” Latar Belakang

Biografi

Ganjar Pranowo lahir di Karanganyar, Jawa Tengah, pada 28 Oktober 1968, tepat dimulainya masa pemerintahan Orde Baru. Ayahnya, Parmudji Pramudi, adalah seorang polisi letnan satu dan ibunya Sri Suparmi adalah seorang pedagang warung kelontong. 

Semasa kuliah di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM), Ganjar mengikuti berbagai organisasi seperti Majestic Organisasi Pecinta Alam, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), dan Gerakan Demokrat Kampus (Gedek) yang menganut pemikiran Marhaenisme Indonesia, yang dirintis oleh Presiden Soekarno. Ia melanjutkan pendidikan S2 Ilmu Politik di Universitas Indonesia dan memulai karirnya sebagai Konsultan Sumber Daya Manusia (HRD) di PT. Prakarsa.

Karier politiknya dimulai dari awal terbentuknya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) di masa reformasi. Ganjar yang baru berusia 30 tahun ikut mendukung Megawati sewaktu berhadapan dengan Soejardi yang didukung oleh pemerintahan Orde Baru. 

Ganjar pertama kali masuk ke DPR sebagai Anggota Komisi IV DPR RI 2004-2009 dan Komisi II DPR RI 2009-2013. Ia terlibat dalam Tim Pengawas Kasus Century dan menjadi Wakil Sekretaris Fraksi DPR RI 2010-2013. 

Ganjar terpilih sebagai Gubernur Jawa Tengah pada Mei 2013 dan berhasil memenangkan pemilihan Gubernur pada tahun 2018 untuk periode kedua hingga akhir masa jabatan di tahun 2023. Salah satu isu terbesar yang sempat dihadapi Ganjar sebagai gubernur adalah dua kasus pembukaan pertambangan di Wadas dan Rembang, selain sempat disebut pula dalam kasus e-KTP. Kontroversi lainnya yang masih sering dibicarakan adalah penyataannya tentang menonton film porno (lihat bagian kontroversi).

Biografi

Biografi

Total Harta Kekayaan

Menurut LHKPN, berdasarkan data terkini yang tersedia untuk umum, dalam Rupiah

Β± 15,4 Miliar

Jumlah Aset

-

Jumlah Hutang

Β± 15,4 Miliar

Kekayaan Bersih

Total Harta Kekayaan

Total Harta Kekayaan

πŸ† 3 Pencapaian Sorotan

Keterangan

Kami memilih untuk memasukan 3 pencapaian/kontroversi agar memberi gambaran yang berimbang. Oleh karena itu, pembaca disarankan untuk melakukan riset lebih lanjut. Daftar pencapaian/kontroversi akan diperbaharui jika ditemukan fakta/informasi relevan terkait dan tim Bijak Memilih menganggap diperlukannya perubahan. Baca penjelasan lebih lanjut di sini.

Peningkatan Akses Pendidikan

Klaim:

Dimulai pada 2014, Ganjar membangun 18 sekolah gratis termasuk makan, seragam, dan alat tulis bernama SMKN Jateng bagi siswa dengan keterbatasan finansial. Tiga sekolah awal yang dibangun menerapkan sistem asrama, dan 15 sekolah tambahan lainnya masih menerapkan semi boarding atau belum sepenuhnya menerapkan sistem asrama.* Ia juga menggratiskan SPP untuk SMA sederajat. 

Selain itu, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) untuk mencegah penyebaran paham radikalisme dan terorisme di dalam sistem pendidikan. Ia juga telah membuka Pusat Pelayanan Cegah Terorisme yang dapat diakses untuk melaporkan potensi paham radikalisme.

πŸ“ Keterangan Lebih Lanjut:

Atas hal ini, ia meraih detikcom Awards 2023 kategori Tokoh Pendongkrak Kualitas Pendidikan Keluarga Miskin. Di sisi lain, secara keseluruhan, angka partisipasi sekolah usia 16-18 tahun meningkat dari 59,88% pada 2013 ke 70,82% pada 2022

*Fact-checked oleh Idekonomi

Peningkatan Akses Pendidikan

Peningkatan Akses Pendidikan

Pemberdayaan Pertanian

Klaim:

Kartu Tani merupakan program nasional yang dikembangkan secara partisipatif, termasuk bersama dengan Pemprov Jawa Tengah yang menginisiasinya pada 2015 guna mengelola pemberian pupuk bersubsidi kepada petani serta pengumpulan data petani dan komoditas pertaniannya. Bekerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional, data yang dikumpulkan diolah untuk meningkatkan produktivitas petani, memenuhi kebutuhan petani, dan memproyeksikan kebutuhan pangan.

πŸ“ Keterangan Lebih Lanjut:

Sejauh ini, efektivitas Kartu Tani belum dapat disimpulkan. Menurut beberapa penelitian, program Kartu Tani telah efektif dilakukan dan bahkan mendapatkan penghargaan terbaik nasional dari Kementerian Pertanian pada 2019. 

Pada periode 2019-2020, Jawa Tengah bahkan menjadi provinsi dengan nilai ekspor pertanian tertinggi tingkat nasional sebesar Rp8,4 triliun di tahun 2019 dan Rp 9.13t di tahun 2020* dan dianugerahi penghargaan Abdi Bakti Tani 2021 oleh Kementerian Pertanian. 

Beberapa isu administrasi terkait pendaftaran dan akses internet juga masih menjadi tantangan implementasi. Temuan lain juga menemukan bahwa program ini kurang efektif dilakukan di beberapa daerah.

Tentunya, keberhasilan maupun isu terkait Kartu Tani tidak dapat sepenuhnya diatribusikan kepada Ganjar seorang sebab beberapa bank dan Kementerian Pertanian juga punya andil besar dalam mengimplementasikannya. 

*Fact-checked by Idekonomi

Pemberdayaan Pertanian

Pemberdayaan Pertanian

Pembangunan Infrastruktur

Klaim:

Berdasarkan data BPS, selama Ganjar menjadi Gubernur Jawa Tengah (2013-2022), 1.477 km jalan baru telah dibangun di Jawa Tengah*, termasuk jalan nasional, provinsi, dan kabupaten/kota (berkontribusi pada total 2.404 km jalan provinsi hari ini). Web resmi Pemprov Jawa Tengah lebih lanjut mencatat 6.724 kilometer jalan kabupaten/kota yang telah dibangun, rehabilitasi, atau ditingkatkan mutunya sejak 2013. 

Ia juga meluncurkan aplikasi ponsel Jalan Cantik sebagai sarana melaporkan kerusakan jalan dan menjanjikan tindak lanjut dalam 24 jam. Sejak dirilis pada 2019 hingga 2023, aplikasi ini telah menyelesaikan 3.782 laporan.

Selain itu, terdapat tiga bandar udara baru yang dikembangkan, yaitu terminal baru Bandara Jenderal Ahmad Yani di Semarang, Bandara Jenderal Besar Sudirman di Purbalingga, dan Bandara Ngloram di Cepu. Pada 2019, 2020, dan 2023, Jawa Tengah dinobatkan sebagai provinsi terbaik pertama dalam Penghargaan Pembangunan Daerah oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional. 

πŸ“ Keterangan Lebih Lanjut:

Sayangnya, Bandara Ngloram kini tidak melayani penerbangan komersial karena sepi peminat. Menurut pengamat perhubungan, ini dikarenakan pilihan transportasi lain seperti kereta api dan sleeper bus yang sudah sangat baik di Pulau Jawa dan ongkosnya yang jauh lebih terjangkau daripada tiket pesawat yang terikat mahalnya avtur dan operasional serta bisnis maskapai yang memburuk.

*Fact-checked by Idekonomi

Pembangunan Infrastruktur

Pembangunan Infrastruktur

😱 3 Kontroversi yang sering muncul di media

Keterangan

Kami memilih untuk memasukan 3 pencapaian/kontroversi tiap kandidat yang paling menjadi perhatian oleh orang muda, serta dapat divalidasi/konfirmasi datanya, agar memberi gambaran yang berimbang. Oleh karena itu, pembaca disarankan untuk melakukan riset lebih lanjut. Daftar pencapaian/kontroversi akan diperbaharui jika ditemukan fakta/informasi relevan terkait dan tim Bijak Memilih menganggap diperlukannya perubahan. Baca penjelasan lebih lanjut di sini.

Kami memilih untuk memasukan 3 pencapaian/kontroversi agar memberi gambaran yang berimbang. Oleh karena itu, pembaca disarankan untuk melakukan riset lebih lanjut. Daftar pencapaian/kontroversi akan diperbaharui jika ditemukan fakta/informasi relevan terkait dan tim Bijak Memilih menganggap diperlukannya perubahan. Baca penjelasan lebih lanjut di sini.

Kami menyankan pembaca untuk melakukan riset lebih lanjut. Daftar pencapaian/kontroversi akan diperbaharui jika ditemukan fakta/informasi relevan terkait. Baca penjelasan lebih lanjut di sini.

Konflik Agraria: Wadas dan Rembang

Pemerintahan Ganjar Pranowo di Jawa Tengah terbabit dua kasus pembukaan pertambangan kontroversial di dua wilayah yang berbeda. 

Pada 2016, setelah digugat warga, Mahkamah Agung mencabut keputusan gubernur yang memberi izin lingkungan untuk kegiatan penambangan PT Semen Indonesia di Rembang. Warga setempat khawatir keberadaan pabrik ini mengancam Cekungan Air Tanah Watuputih yang menjadi sumber air daerah tersebut. 

Peneliti geologi berpendapat bahwa penambangan berpotensi menurunkan kualitas dan kuantitas air tanah serta merusak ekosistem dan ornamen gua. Tambang ini kini beroperasi penuh. 

Pada tahun 2022, warga Desa Wadas diintimidasi dan ditangkap oleh aparat penegak hukum karena menolak mengalihkan kepemilikan tanahnya kepada pemerintah untuk pertambangan andesit yang akan dimanfaatkan untuk pembangunan Bendungan Bener. 

Desakan pun disasarkan kepada Ganjar untuk mencabut izin pertambangan. Greenpeace menilai bahwa pembukaan tambang quarry (dikeruk tanpa sisa) salah satunya dengan peledakan ribuan ton dinamit akan merusak lingkungan sehingga rawan longsor.

πŸ“ Keterangan Lebih Lanjut:

Pada Juli 2023, Ganjar mengaku bahwa ketua kelompok penolak sudah bersetuju dengan pemerintah dengan menerima ganti rugi Rp11 miliar. Akan tetapi sampai pada September 2023, banyak warga masih menolak ganti rugi dan aktivitas pertambangan di Wadas.

Konflik Agraria: Wadas dan Rembang

Konflik Agraria: Wadas dan Rembang

Penolakan Tim Sepak Bola Israel pada Piala Dunia U-20

Dua bulan sebelum Piala Dunia U-20 direncanakan digelar di Indonesia termasuk Jawa Tengah, Ganjar membuat pernyataan menolak timnas Israel hadir pada pertandingan tersebut. Pernyataan ini senada dengan Gubernur Bali I Wayan Koster yang merupakan kader dari partai yang sama, PDI-P. 

Ganjar beralasan sikapnya berdasarkan dukungan untuk kemerdekaan Palestina sesuai dengan amanat Presiden Soekarno, serta menjadi bukti loyalitasnya kepada partai. Pada 29 Maret 2023, FIFA mencabut lisensi Indonesia untuk menyelenggarakan acara ini dan membekukan dana alokasi untuk PSSI. 

Kemarahan masyarakat ditujukan kepada Ganjar terutama melalui media sosial, termasuk oleh pemain timnas Indonesia yang gagal berlaga pada kesempatan yang langka ini. 

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno kala itu, kerugian yang ditimbulkan akibat gagalnya acara U-20 mencapai minimal Rp3,7 triliun dengan dampak besar kepada pelaku UMKM sektor ekonomi kreatif khususnya penyedia cendera mata. Negara pun telah menghabiskan triliunan rupiah untuk persiapan termasuk renovasi sejumlah stadion. Setelah pembatalan, Ganjar mengaku tidak menyesal dengan sikapnya.

πŸ“ Keterangan Lebih Lanjut:

Karena FIFA tidak menyebutkan alasannya mencabut lisensi Indonesia, belum ada kepastian bahwa kegagalan U-20 disebabkan oleh penolakan Ganjar. Beberapa sumber menyatakan bahwa kegagalan ini disebabkan oleh ketidaksiapan infrastruktur Indonesia dan tragedi Kanjuruhan yang masih belum diusut tuntas.

Penolakan Tim Sepak Bola Israel pada Piala Dunia U-20

Penolakan Tim Sepak Bola Israel pada Piala Dunia U-20

Janji Tangani Angka Kemiskinan

Ganjar berjanji saat berkampanye pada 2018 bahwa akan menekan angka kemiskinan ke kisaran 6,48% sampai 7,48%. Sayangnya, angka kemiskinan pada 2023 Jawa Tengah tercatat di 10,77% dengan 3,79 juta orang hidup di bawah garis kemiskinan. 

Walaupun berkurang secara persentase, jumlah orang menganggur di Jawa Tengah juga mengalami peningkatan selama pemerintahannya. Pada 2013, jumlahnya sekitar 914 ribu orang (5,53%) dibanding 1,1 juta orang (5,24%) pada Februari 2023. Hal ini pun meleset dari target 4% yang dijanjikan Ganjar.

πŸ“ Keterangan Lebih Lanjut:

Dalam pidato perpisahannya, ia mengakui belum berhasilnya target ini. β€œTarget angka kemiskinan, kami sadari belum tercapai, tapi hasilnya penurunan yang tertinggi, dan juga indeks kebahagiaan karena kebahagiaan tidak bisa dibeli," ujarnya. 

Janji Tangani Angka Kemiskinan

Janji Tangani Angka Kemiskinan

Menemukan konten yang kurang sesuai?

Jika kamu menemukan konten kami yang dirasa kurang sesuai, baik dari segi sumber informasi atau data, masukkan feedbackmu melalui feedback form atau kontak kami melalui contact@bijakmemilih.id, agar kami dapat mereview ulang.

Baca profil pasangan lainnya

Baca profil pasangan lainnya

no.1

Anies & Cak Imin

Anies Baswedan

Calon Presiden

Muhaimin Iskandar

Calon Wakil Presiden

no.2

Prabowo & Gibran

Prabowo Subianto

Calon Presiden

Gibran Raka

Calon Wakil Presiden

no.3

Ganjar & Mahfud

Ganjar Pranowo

Calon Presiden

Mahfud MD

Calon Wakil Presiden