Jumat, 22 Desember 2023

Debat Kedua Calon Wakil Presiden 2024

Ekonomi Kerakyatan, Ekonomi Digital, Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN & APBD, Infrastruktur dan Perkotaan

Keterangan

Informasi di halaman ini didapatkan dari video debat Pilpres 2024 yang dilaksanakan oleh KPU. Baca penjelasan tentang sumber data, metodologi riset, dan disclaimer di sini.

Jika konten dirasa kurang sesuai, masukkan feedbackmu melalui feedback form (di halaman bawah) atau kontak kami melalui contact@bijakmemilih.id, agar kami dapat mereview ulang.

INTRODUCTION

TOPIK DEBAT

QNA

BACA LAINNYA

πŸ›οΈ Visi Misi

Visi Misi

Muhaimin Iskandar

No. Urut 1

  • Naikkan pajak orang kaya, turunkan pajak kelas menengah.

  • Menyelesaikan pengangguran, memberikan kepastian untuk pekerja di sektor informal.

  • Meningkatkan bansos untuk meningkatkan daya beli dan mendongkrak perekonomian.

  • 5% APBN untuk kaum muda Indonesia - Kredit Usaha Anak Muda.

  • 5 Milyar per desa untuk pembangunan nasional tiap tahun.

Gibran Rakabuming

No. Urut 2

  • Penurunan angka pengangguran, GINI ratio, inflasi, meningkatkan nilai tambah dalam negeri di tengah gempuran resesi global, perang dagang, dan konflik geo politik.

  • Melanjutkan hilirisasi, pemerataan pembangunan, agar tidak Jawa sentris, mengembangkan ekonomi kreatif dan UMKM.

  • Pembangunan IKN yang berkelanjutan, perekonomian & pembukaan lapangan kerja baru.

Mahfud MD

No. Urut 3

  • Belum pernah ada dalam sejarah, pertumbuhan ekonomi 7% dalam setahun karena banyaknya korupsi di banyak sektor dan berbagai lembaga.

  • Pemberantasan korupsi, jangan biarkan kekayaan itu hanya beredar diantara orang kaya.

Visi Misi

Visi Misi

πŸ—£οΈ Topik Debat

Ekonomi (Kerakyatan & Digital)

Bagaimana kebijakan paslon untuk mengatasi potensi digitalisasi yang dapat merugikan usaha mitra dan konsumen melalui penyalahgunaan data digital?

jawaban utama

Mahfud MD

No. Urut 3

Sudah ada UU PDP dan ITE sebagai kebijakan data digital. Ada disrupsi luar biasa di perkembangan digital. Banyak rakyat jadi korban kegiatan ekonomi digital seperti pinjol dengan bunga hutang yang cepat meningkat, sehingga banyak korban yang bunuh diri. Polri dan OJK klaim isu ini diluar wewenang mereka. Di saat rapat bersama dengan Kemenko Polhukam, kita nyatakan ini adalah tindak pidana dan para pelaku harus segera ditangkap.

TANGGAPAN TERHADAP JAWABAN UTAMA

Muhaimin Iskandar

No. Urut 1

Selain pemberantasan pinjol dan judi online, pemerintah perlu turun tangan untuk meningkatkan kemampuan masuk ke dunia digital, melalui literasi digital untuk UMKM, kemampuan pemasaran untuk keberlangsungan UMKM, dan juga meningkatkan akses internet

Gibran Rakabuming

No. Urut 2

Masalah pencurian data, cybersecurity perlu ditingkatkan. E-commerce harus mematuhi regulasi agar tidak ada lagi shadow-banning, price-dumping dan barang cross-border yang membunuh UMKM. Lalu, diperlukan adanya penguatan SDM, khususnya anak muda, dengan literasi digital.

TANGGAPAN AKHIR MAHFUD MD

Tanggapan oleh cawapres lain sudah ada di visi misi paslon Ganjar-Mahfud, termasuk infrastruktur fisik, infrastruktur regulasi, infrastruktur digitalisasi, dan penegakan untuk cybersecurity.

Ekonomi (Kerakyatan & Digital)

Ekonomi (Kerakyatan & Digital)

Investasi

Bagaimana strategi paslon meningkatkan investasi untuk usaha menengah dan mendorong usaha kecil naik kelas?

jawaban utama

Muhaimin Iskandar

No. Urut 1

Pemerintah harus meningkatkan kepercayaan kepada negeri melalui kepastian hukum dan politik untuk kestabilan usaha. Investasi harus terbuka. Investasi jangan hanya menumpuk di sektor yang padat modal, tapi juga untuk sektor-sektor padat karya. Kualitas dan produksi UMKM harus ditingkatkan agar bisa mendapat investasi.

TANGGAPAN TERHADAP JAWABAN UTAMA

Gibran Rakabuming

No. Urut 2

Menurunkan index ICOR (Incremental Capital Output Ratio) 4-5%, sehingga menumbuhkan kepercayaan dari calon investor. Akses logistik harus terkoneksikan. Perbanyak inkubasi UMKM supaya bisa naik kelas (packaging, branding, marketing, permodalan, mendapatkan off taker).

Mahfud MD

No. Urut 3

Di lapangan, investasi sulit. Prosedur bertele-tele, ada konflik kepentingan. Ada urusan yang harusnya untuk rakyat, dihabiskan untuk birokrasi dan tidak ada yang sisa untuk rakyat. Misalnya, untuk mendapatkan izin UMKM sangat mahal.

TANGGAPAN AKHIR MUHAIMIN ISKANDAR

Permodalan dan kapasitas produksi untuk meyakinkan investor masuk. Undang-undang Omnibus law yang ramah untuk investasi, tapi pemerintah lambat. Setuju proses perizinan yang lama menurunkan keyakinan, makanya harus dicepatkan.

Investasi

Investasi

Keuangan, pajak, dan tata kelola APBN/D

Mana yang menjadi pilihan prioritas, anggaran pembangunan infrastruktur fisik atau pembangunan kualitas SDM dan ekonomi rakyat?

jawaban utama

Gibran Rakabuming

No. Urut 2

Tidak semua harus menggunakan APBN. Infrastruktur fisik dan SDM keduanya penting dan dapat dilakukan paralel. Kolaborasi agar tidak semua dari APBN (dengan swasta dan CSR). Harus meningkatkan pendapatan Negara. Paslon no 2 akan membuat badan penerimaan Negara yang di komandoi langsung Presiden. Harus meningkatkan rasio pajak, supaya bisa dipakai untuk pendidikan dan kesehatan.

TANGGAPAN TERHADAP JAWABAN UTAMA

Mahfud MD

No. Urut 3

Harus kita lanjutkan IKN, tapi sejauh ini yang kita tahu, tidak ada satupun investor yang masuk, coba sebutkan investor mana yang masuk ke IKN?

Muhaimin Iskandar

No. Urut 1

Yang penting bukan infrastruktur atau SDM dulu, tapi yang penting adalah untuk membaca skala prioritas. Banyak projek yang ambisius seperti IKN, kalau hanya mengandalkan APBN bisa mencapai Rp500 T. Sementara 3% dari anggaran IKN bisa dipakai untuk pembangunan sekolah di Kalimantan.

TANGGAPAN AKHIR GIBRAN RAKABUMING

Gibran menilai Imin tidak konsisten karena ikut potong tumpeng di IKN. IKN adalah simbol pemerataan dan transformasi pembangunan di Indonesia. Untuk menanggapi Mahfud, sudah banyak investor yang masuk seperti Mayapada, Agung Sedayu.

Keuangan, pajak, dan tata kelola APBN/D

Keuangan, pajak, dan tata kelola APBN/D

Perkotaan

Bagaimana strategi paslon menyiapkan instrumen fiskal khusus untuk mengatasi masalah yang semakin kompleks seperti transportasi publik, sampah, dan kawasan umum?

jawaban utama

Muhaimin Iskandar

No. Urut 1

Pembangunan perkotaan harus merata, minimal harus dibangun 40 kota baru se-level Jakarta dengan sarana dan prasarana yang memadai. Fiskal yang disediakan, diratakan secara adil pada masing-masing perkotaan. Libatkan investasi swasta untuk membangun perkotaan.

TANGGAPAN TERHADAP JAWABAN UTAMA

Gibran Rakabuming

No. Urut 2

Kita harus menggarap transportasi umum yang aman dan nyaman untuk kaum disabilitas, lansia dan anak. Pastikan transportasi ada digitalisasinya. Masyarakat di kota kecil bisa pakai skema transportasi umum secara gratis. Perlu kolaborasi dengan PEMDA, maupun swasta.

Mahfud MD

No. Urut 3

Pembangunan 40 kota seperti Jakarta itu apakah bisa dilakukan dalam 5 tahun? IKN saja investasi baru level janji, belum dilaksanakan. Bagaimana pembiayaannya? Apakah lewat APBN, APBD, atau dari lembaga apa?

TANGGAPAN AKHIR MUHAIMIN ISKANDAR

Seperti Jakarta maksudnya standard upaya seperti Jakarta. Kota-kota potensial disentuh dengan beberapa anggaran yang menumbuh kembangkan, contohnya Pontianak hanya Rp1 T /tahun, sementara APBN kita cukup untuk meningkatkan jasa seperti infrastruktur.

Perkotaan

Perkotaan

Infrastruktur sosial

Bagaimana strategi paslon untuk memastikan penyediaan infrastruktur sosial tanpa membebani keuangan daerah?

jawaban utama

Gibran Rakabuming

No. Urut 2

Masalah dan sanitasi dan air bersih menyambung ke masalah stunting. Bisa dibantu oleh infrastruktur fisik untuk mendorong pengadaan air bersih. Kami ingin menyiapkan generasi emas yang sehat dan pintar. Untuk mengatasi stunting, kita harus intervensi secara paralel tempat tinggal, pemenuhan gizi, sanitasi, drainase, air bersih, dan kawasan kumuh.

TANGGAPAN TERHADAP JAWABAN UTAMA

Mahfud MD

No. Urut 3

Pertanyaan tentang penyediaan infrastruktur sosial tanpa membebani keuangan daerah tidak terjawab, yang dijawab tentang infrastruktur fisik. Pendanaan infrastruktur fisik masih bisa didapat dari APBN dan APBD. Tapi kita ada masalah pendanaan untuk infrastruktur sosial.

Muhaimin Iskandar

No. Urut 1

Infrastruktur yang disampaikan Gibran perlu sediakan, tapi infrastruktur sosial/kerakyatan bisa melibatkan semua pihak untuk memberikan solusi. Contohnya, semua penyelenggara pendidikan bisa dibebaskan pajaknya supaya pendidikan bisa terjangkau. Infrastruktur sosial tercapai dengan pemerintah yang memberikan fasilitas yang memadai.

TANGGAPAN AKHIR GIBRAN RAKABUMING

Stunting adalah masalah infrastruktur sosial. Kami ada program makan siang gratis Rp400 T yang bisa menjadi stimulan untuk ibu-ibu, warteg, warung dan katering yang ada di daerah. Ini adalah sebuah investasi menuju Indonesia Emas. Semua ibu-ibu ikut memasak makan siang untuk anak-anak.

Infrastruktur sosial

Infrastruktur sosial

Perdagangan

Bagaimana strategi paslon untuk mengoptimalkan permanfaatan perjanjian-perjanjian perdagangan bebas guna meningkatkan ekspor dan memperkecil defisit neraca perdagangan?

jawaban utama

Mahfud MD

No. Urut 3

Ada 3 strategi:

  • Diplomasi ekonomi dengan duta besar.

  • Perdagangan untuk menginternalisasikan perdagangan nasional menjadi global. Standar bisa diterima secara global.

  • Penguatan ekonomi nasional. Kualitas barang dagangan bisa diterima di luar negeri.

TANGGAPAN TERHADAP JAWABAN UTAMA

Muhaimin Iskandar

No. Urut 1

Diplomasi sebagai pemasaran itu normatif. Yang penting adalah menyelepet para diplomat berubah wajah menjadi pemasar yang tangguh. Diplomasi pemasaran yang ekspansif perlu kita miliki. Selama ini masih politik dan normatif. Kita bisa hadir di pasar global kalau kualitas produk nasional baik. Tidak ada satu gerakan yang lebih terstruktur untuk meningkatkan kualitas standar.

Gibran Rakabuming

No. Urut 2

Solusi konkrit : Hilirisasi - kita tidak mau lagi mengirim bahan mentah, harus mengekspor barang dengan nilai tambah. Contoh: nikel bisa jadi US$33 jika dihilirisasi.

TANGGAPAN AKHIR MAHFUD MD

Sistem rekrutmen diplomat harus ditinjau ulang. Ada titipan Partai dan lain-lain. Diplomat sekarang tidak punya dasar-dasar diplomasi. Soal hilirisasi dan industrialisasi, sudah masuk ke visi-misi.

Perdagangan

Perdagangan

❓Tanya Jawab

Carbon Capture & Storage (Gibran bertanya kepada Mahfud)

Gibran

No. Urut 2

Bagaimana regulasi untuk carbon capture and storage (CCS)?


Mahfud

No. Urut 3

Cara membuat regulasi adalah dengan melihat naskah akademik dan sesuai dengan prosedur, tapi apapun yang mau dibangun harus ada SIPD (Sistem Informasi Perencanaan Daerah) untuk mengawasi APBN.


Gibran

No. Urut 2

Pertanyaan yang belum dijawab adalah regulasi untuk carbon capture storage (CCS) apa?


Mahfud

No. Urut 3

Hukum itu harus tau dulu masalahnya apa. Makanya naskah akademik diperlukan untuk menentukan prosedur dan bagaimana materi yg diperlukan.

Carbon Capture & Storage (Gibran bertanya kepada Mahfud)

Carbon Capture & Storage (Gibran bertanya kepada Mahfud)

Target Pertumbuhan Ekonomi (Mahfud bertanya kepada Imin)

Mahfud

No. Urut 3

Ada visi-misi index ICOR 4-5% untuk menumbuhkan ekonomi 4-7%. Kenapa di dalam visi misi Anda tingkat pertumbuhan yang ditargetkan hanya 5%?


Imin

No. Urut 1

Pertumbuhan yang baik adalah yang berkualitas dan inklusif, peningkatan pendapatan masyarakat, dsbnya. Target 5.5-6% lebih realistis, supaya tidak ada beban hutang.


Mahfud

No. Urut 3

Ganjar-Mahfud menargetkan pertumbuhan ekonomi 7% dengan pemberantasan korupsi.


Imin

No. Urut 1

Bukan cuma pemberantasan korupsi yang bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Harus realistis, 7% bisa saja omong kosong.

Target Pertumbuhan Ekonomi (Mahfud bertanya kepada Imin)

Target Pertumbuhan Ekonomi (Mahfud bertanya kepada Imin)

Proyek Besar Kota Solo (Imin bertanya kepada Gibran)

Imin

No. Urut 1

Apa tips and tricks agar proyek-proyek besar bisa masuk ke kota Solo?


Gibran

No. Urut 2

Sekarang Indonesia udah pemerataan pembangunan, bukan hanya di Solo. 53% Investasi sudah ada diluar Jawa. Yang perlu dilihat bukan hanya infrastruktur fisik, tapi dampaknya. Pembangunan mesjid dan kebun binatang memakai CSR, tidak selalu APBN, dampaknya UMKM dan kesejahteraan masyarakat meningkat.


Imin

No. Urut 1

Pertanyaan belum dijawab tentang tips and tricks. Bagaimana keadilan dalam melaksanakan APBN, akses pendanaan pembangunan yang adil dan merata untuk proyek pembangunan?


Gibran

No. Urut 2

Sebelum ada proyek dari pusat masuk, kita harus menyiapkan readiness criteria, menyiapkan relokasi, nego dengan warga, berkolaborasi pendanaan dengan CSR dan BUMN.

Proyek Besar Kota Solo (Imin bertanya kepada Gibran)

Proyek Besar Kota Solo (Imin bertanya kepada Gibran)

Rasio Pajak 23% (Mahfud bertanya kepada Gibran)

Mahfud

No. Urut 3

Menaikkan rasio pajak 23% itu gak masuk akal. Insentif pajak saja tidak diambil, gimana solusinya?


Gibran

No. Urut 2

Kami akan membentuk Badan Penerimaan Pajak langsung dibawah presiden. DJP dan Bea Cukai dileburkan menjadi satu. Digitalisasi penting, sudah ada Core Tax sistem untuk mempermudah pengisian pajak.


Mahfud

No. Urut 3

Anda bicara 23%, itu dari PDB atau APBN? Kalau maksudnya APBN, itu salah, karena sekarang saja sudah 82%, dan tax rasio sekarang 10,5%.


Gibran

No. Urut 2

Buka dunia usaha baru. Yang punya NPWP di Indonesia baru 30%, dan kita tidak akan membebani UMKM. Pajak 0% untuk yang pendapatannya dibawah Rp500 Juta.

Rasio Pajak 23% (Mahfud bertanya kepada Gibran)

Rasio Pajak 23% (Mahfud bertanya kepada Gibran)

Meningkatkan Perangkat SGIE (Gibran bertanya kepada Imin)

Gibran

No. Urut 2

Bagaimana langkah Imin untuk meningkatkan peringkat Indonesia di SGIE?


Imin

No. Urut 1

Apa itu SGIE?


Gibran

No. Urut 2

State of Global Islamic Economy. Mengembangkan ekonomi syariah, seperti makanan, skincare dan fashion halal.


Imin

No. Urut 1

Indonesia mempunyai jumlah umat Islam terbanyak di dunia, pasar wisata halal dan perbankan syariah. Kita ada potensi menjadi pusat ekonomi syariah dunia. Untuk meningkatkan peringkat SGIE, kita bisa menumbuhkembangkan industri halal, sekaligus memberikan sertifikasi halal murah, bahkan gratis, terutama untuk UMKM.

Meningkatkan Perangkat SGIE (Gibran bertanya kepada Imin)

Meningkatkan Perangkat SGIE (Gibran bertanya kepada Imin)

Pemerataan Kepemilikan Tanah (Imin bertanya kepada Mahfud)

Imin

No. Urut 1

Bagaimana mewujudkan keadilan sosial dari pemerataan kepemilikan tanah?


Mahfud

No. Urut 3

UU Pokok Agraria sudah ada sejak lama, tapi tidak dijalankan. Masalahnya ada di kedisiplinan dan penegakan hukum. Kepemilikan lahan sekarang sangat timpang. Penertiban harus terus dilakukan dengan lihat fakta di lapangan dan daftar lahan.


Imin

No. Urut 1

Harus ada political will dan instrumen hukum yang memadai harus dipakai secara optimal. Sudah ada bahasan tentang distribusi kepemilikan lahan di debat capres 5 tahun yang lalu, yang penting adalah kemauan politik, bukan hanya retorika.


Mahfud

No. Urut 3

Kami akan melakukan redistribusi tanah. Dalam 5 tahun terakhir sudah ada 1 juta sertifikat yang dibagikan, tapi hanya untuk orang yang sudah menempati tanah mereka. Penegakkan hukum bagian penting dari political will. Aturannya semua sudah ada, tapi tidak jalan, menyebabkan lahan dirampas dan orang tidak berdaya.

Pemerataan Kepemilikan Tanah (Imin bertanya kepada Mahfud)

Pemerataan Kepemilikan Tanah (Imin bertanya kepada Mahfud)

Menemukan konten yang kurang sesuai?

Jika kamu menemukan konten kami yang dirasa kurang sesuai, baik dari segi sumber informasi atau data, masukkan feedbackmu melalui feedback form atau kontak kami melalui contact@bijakmemilih.id, agar kami dapat mereview ulang.

Baca profil pasangan lainnya

Baca profil pasangan lainnya

no.1

Anies & Cak Imin

Anies Baswedan

Calon Presiden

Muhaimin Iskandar

Calon Wakil Presiden

no.2

Prabowo & Gibran

Prabowo Subianto

Calon Presiden

Gibran Raka

Calon Wakil Presiden

no.3

Ganjar & Mahfud

Ganjar Pranowo

Calon Presiden

Mahfud MD

Calon Wakil Presiden