Minggu, 7 Januari 2023

Debat Ketiga Calon Presiden 2024

Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, Globalisasi, Geopolitik dan Politik Luar Negeri

Keterangan

Informasi di halaman ini didapatkan dari video debat Pilpres 2024 yang dilaksanakan oleh KPU. Baca penjelasan tentang sumber data, metodologi riset, dan disclaimer di sini.

Jika konten dirasa kurang sesuai, masukkan feedbackmu melalui feedback form (di halaman bawah) atau kontak kami melalui contact@bijakmemilih.id, agar kami dapat mereview ulang.

INTRODUCTION

TOPIK DEBAT

QNA

BACA LAINNYA

πŸ›οΈ Visi Misi

Visi Misi

Anies Baswedan

No. Urut 1

  • Mengembalikan posisi Indonesia menjadi pelaku utama di konstelasi global. Melalui film, kuliner, diplomat dan diaspora bisa menjadi fenomena dunia, Indonesia hadir mewarnai kancah Internasional.

  • Diplomasi Indonesia hadir serius di dunia, hadir untuk Palestina.

Prabowo Subianto

No. Urut 2

  • Menjaga dan mengolah kekayaan kita untuk menjadi negara makmur dan sejahtera.

  • Mempertahankan politik bebas aktif dan menjadi tetangga baik untuk membuat pertahanan yang baik.

  • Doktrin, strategi nasional, atas kepentingan bangsa Indonesia. Kekuatan nasional harus ada kekuatan militer. Dengan pertahanan yang kuat, kita akan di hormati dan terjaga kepentingan nasionalnya.

Ganjar Pranowo

No. Urut 3

  • Melakukan redefinisi politik bebas aktif untuk kondisi kekinian.

  • Memperkuat infrastruktur hubungan luar negeri.

  • Pertahanan Sakti 5.0: rudal hipersonik, senjata cyber, sensor quantum, dan sistem senjata otonom, kalau anggaran pertahanan 1-2% dari PDB.

  • Reformasi kepolisian harus mengantisipasi ini dengan meningkatkan keamanan sistem dan SDM cyber kita.

Visi Misi

Visi Misi

πŸ—£οΈ Topik Debat

Pertahanan

Apa kebijakan paslon untuk mendapatkan akses teknologi dan pengembangannya guna memperkuat pertahanan Indonesia?

jawaban utama

Anies Baswedan

No. Urut 1

Membuat struktur pertahanan cyber yang serius dengan membangun sistem yang komprehensif melibatkan semua lembaga, termasuk komponen masyarakat. Pengadaan teknologi baru, kuncinya pelibatan semua secara semesta. Mekanisme untuk merespon balik kondisi serangan dan memiliki kecepatan untuk recovery sistem ketika terjadi serangan cyber.

TANGGAPAN TERHADAP JAWABAN UTAMA

Prabowo Subianto

No. Urut 2

Realitanya adalah sumber daya manusia belum bisa mendukung. Sebagai menteri, kita menyiapkan 4 fakultas baru di bidang science, teknologi, engineering, dan artificial intelligence (AI) untuk menghasilkan putra-putri terbaik, bukan membeli barangnya. Kita harus kuasai know-how-nya, sistem yang kita pegang, itu adalah inti daripada masalah.

Ganjar Pranowo

No. Urut 3

Perlu menguatkan BSSN, security system yang baik, dan jangan dikorupsi. LPDP punya potensi yang tinggi untuk memberangkatkan orang-orang yang terbaik. Beri ruang untuk mereka bekerja saat kembali ke Indonesia, dengan melibatkan BRIN sehingga membuat kolaborasi yang sangat bagus. Untuk pengamanan di kepolisian, perlu ada cyber institution yang dipimpin oleh jenderal bintang 3. Bahkan, bisa kita buat adanya duta besar cyber.

TANGGAPAN AKHIR ANIES

Membangun sistem memang kuncinya, namun kendalanya adalah SDM yang belum mampu mengoperasikannya. Investasi jangka panjang perlu diambil, tetapi dampaknya baru terasa dalam 5 tahun. Persiapkan sistem, orang, dan langkahnya segera untuk mengantisipasi tantangan hari ini dan masa depan.

Pertahanan

Pertahanan

Hubungan Internasional

Apa strategi paslon untuk menyusun peta jalan yang lebih konkret dalam memperkuat kerjasama selatan-selatan?

jawaban utama

Prabowo Subianto

No. Urut 2

Caranya dengan memperkuat ekonomi kita. Menjaga dan mengelola kekayaan, hilirisasi, meningkatkan nilai aset kita. Tingkatkan kesejahteraan rakyat, baru kita akan disegani dan didengar oleh semua negara, terutama negara Selatan. Kepemimpinan kita di dunia akan tercermin oleh keberhasilan kita mengelola kekayaan, menghilangkan kemiskinan, meraih teknologi, menjadi negara industri.

TANGGAPAN TERHADAP JAWABAN UTAMA

Ganjar Pranowo

No. Urut 3

Indonesia punya potensi yang hebat dan sumber daya yang baik. Teknologi baterai dan nikel, kekuatan ekonomi yang besar untuk menciptakan lapangan kerja yang besar dan pemerintah menyiapkan jemput bola SDM yang unggul yang dapat berimbas ke rakyat kecil; membutuhkan lapangan kerja dan daya beli yang baik.

Anies Baswedan

No. Urut 1

Penjelasan tadi hanya tentang pengembangan Indonesia, bukan hubungan Selatan-Selatan. Harusnya merangkul semua dengan agenda semua negara Selatan-Selatan, bukan membawa agenda kita. Kita harus menjangkau pemimpin negara-negara Selatan, tetapi Presiden menjadi Panglima Diplomasi, Presiden membawa agenda Selatan.

TANGGAPAN AKHIR PRABOWO

Leadership sebagai Negara harus dengan contoh; Ing Ngarso Sung Tulodho. Kita memimpin, harus menjadi contoh, membawa agenda, kenapa negara Selatan melihat Indonesia? Karena kita berhasil membangun ekonomi kita, bukan hanya ngomong-ngomong saja.

Hubungan Internasional

Hubungan Internasional

Keamanan

Bagaimana komitmen paslon terhadap penataan institusi pertahanan dan keamanan?

jawaban utama

Ganjar Pranowo

No. Urut 3

Tentang keamanan terorisme, kewenangannya ada di kepolisian. Agar membenahi yang tumpang tindih, pelaksana di tingkat lokal perlu dilibatkan, seperti Forkopimda. Pemimpin tertinggi harus berani mengambil keputusan dalam konteks eksekutif untuk mengharmonisasi dan mensinkronisasi, diselesaikan di meja Presiden. Juga perlu diskusi dengan DPR untuk bicara secara regulatif.

TANGGAPAN TERHADAP JAWABAN UTAMA

Anies Baswedan

No. Urut 1

Harus dirumuskan apa tantangan dan ancaman Indonesia di tahun-tahun kedepan, dan mengatur badan yang ada untuk merespons. Jika kita menata ulang tapi tidak tahu tantangannya, jadinya hanya administratif. Kita harus melihat peran lembaga untuk menyelesaikan masalah. Melibatkan lembaga yang sesuai kebutuhan untuk menanggapi ancaman.

Prabowo Subianto

No. Urut 2

Sependapat dengan Ganjar terkait tumpang tindih diselesaikan oleh Presiden. Kita juga harus apresiasi prestasi TNI dan Polri dalam menjaga pertahanan keamanan, menghadapi terorisme, bom Bali, Poso, dan sebagainya. Memperbaiki kualitas hidup TNI, Polri. Memimpin supaya TNI dan Polri menjadi terbaik yang bisa kita bangun.

TANGGAPAN AKHIR GANJAR

Membaca data dan kondisi sosiologis, konflik antar-kelembagaan bukan turun dari langit. Pengalaman kami sudah 10 tahun di DPR, dan 10 tahun menjadi gubernur. Tidak perlu meneliti terlalu banyak lagi. Kita sudah tau mengambil keputusan apa karena kita punya konsep untuk memutuskan hal itu.

Keamanan

Keamanan

Politik Luar Negeri

Apa kebijakan paslon untuk menghindari intervensi kedaulatan Indonesia akibat hutang yang terus bertambah?

jawaban utama

Prabowo Subianto

No. Urut 2

Hutang luar negeri kita salah satu yang terendah di dunia, berada sekitar 40%, sedangkan banyak negara lain lebih tinggi. Dengan pengelolaan yang prudent dan baik, dan strategi ekonomi yang tepat, terutama hilirisasi, akan meningkatkan keuntungan sebagai bangsa dan kekuatan negara. Saya tidak terlalu khawatir tentang kondisi hutang Indonesia, kita tidak pernah gagal hutang. Kita harus punya kekuatan pertahanan yang kuat, supaya tidak bisa diintervensi, tidak bisa digertak, tidak bisa diintimidasi.

TANGGAPAN TERHADAP JAWABAN UTAMA

Ganjar Pranowo

No. Urut 3

Hutang-hutang bisa mematikan, terutama terhadap infrastruktur yang memiliki hutang yang tinggi. Kita harus mendorong ekonomi 7%, kita harus betul-betul antikorupsi. Kalau kita berbicara industri pertahanan, kita harus kuatkan industri dalam negeri. Kita harus hitung betul dan prudent betul supaya tidak collapse.

Anies Baswedan

No. Urut 1

Bisa dibaikkan dengan caranya meningkatkan GDP. Melakukan pembangunan skema yang lebih kreatif, pelibatan swasta. Memastikan perluasan wajib pajak yang bisa menguatkan GDP kita. Hutang yang kita gunakan untuk aktivitas produktif, jangan dipakai untuk yang tidak produktif misalnya dibeli untuk alutsista bekas oleh kementerian pertahanan, itu bukan hal yang tepat.

TANGGAPAN AKHIR PRABOWO

40% salah satu yang terendah sekarang. Yang penting hutang itu produktif, saya setuju. Tapi kita sampai 50% juga tidak masalah, kita tidak pernah default. Kita dihormati di dunia.

Politik Luar Negeri

Politik Luar Negeri

Geopolitik

Apa inisiatif baru yang ditawarkan paslon agar Indonesia berkontribusi dalam mengelola konflik Laut China Selatan?

jawaban utama

Ganjar Pranowo

No. Urut 3

Indonesia bukan claimant. Harus mengevaluasi kenapa masalah ini tidak pernah diselesaikan, meskipun sudah 20 tahun lebih. Kesepakatan sementara musti didorong untuk menghindari sesuatu yang kita tidak inginkan, dan meredam konflik, karena mungkin kita bisa terdampak. Patroli di wilayah Laut Cina Selatan perlu diperkuat. Butuh tanker-tanker terapung supaya TNI Angkatan Laut dapat berpatroli dengan lebih mudah & murah secara logistik.

TANGGAPAN TERHADAP JAWABAN UTAMA

Anies Baswedan

No. Urut 1

Kuncinya adalah ASEAN. Bila di ASEAN membangun kesepakatan, untuk membangun kekuatan di luar ASEAN. Tidak hanya Indonesia, tapi negara ASEAN lainnya bersama untuk mengatasi masalah bersama. Kita akan mengatasi masalah Laut Cina Selatan sebagai sebuah region, Dan Indonesia menjadi pemimpin ASEAN.

Prabowo Subianto

No. Urut 2

Perlu kekuatan pertahanan yang kuat. Banyak yang dibutuhkan untuk itu. Pertahanan perlu dibangun. Pak Anies tidak mengerti pertahanan. Saya akan bawa data. Dalam pertahanan, hampir 50% alat dimanapun adalah bekas, tapi usianya masih muda.

TANGGAPAN AKHIR GANJAR

Saya paham persis pengambilan keputusan di ASEAN sangat rumit, banyak permasalahan yang didiskusikan tidak selesai. Kami perlu revitalisasi ASEAN, agar pengambilan keputusannya tidak sulit. Kebanyakan masalah 20 tahun lebih tidak selesai. Proses pengambilan keputusan di ASEAN perlu dirubah lagi.

Geopolitik

Geopolitik

Globalisasi

Bagaimana strategi paslon mempromosikan budaya populer Nusantara untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Nasional?

jawaban utama

Anies Baswedan

No. Urut 1

Negara mengalokasikan sumber daya di bidang kebudayaan, tidak dilihat sebagai biaya, tapi investasi. Bawa karya seni seperti film dan kuliner ke level global. Semua dilibatkan di diplomasi. Membangun rumah kebudayaan Indonesia di setiap region seluruh dunia. Indonesia menjual bukan hanya komoditas perekonomian, tapi juga menawarkan nilai-nilai karya Indonesia. Mendorong tumbuhnya restoran dan cafe Indonesia di berbagai tempat seluruh dunia. Menyiapkan kredit untuk usaha kecil mikro agar menjadi bagian dari diplomasi kebudayaan.

TANGGAPAN TERHADAP JAWABAN UTAMA

Prabowo Subianto

No. Urut 2

Negara yang perlu berperan, tapi kuncinya kita harus mempunyai dana yang cukup, sovereign wealth fund, laba yang cukup. Perlu ada neraca perdagangan yang positif, dan ini hanya bisa dilakukan dengan hilirisasi yang baik, dengan penghematan, efisiensi, penerimaan pajak yang baik dan efisien.

Ganjar Pranowo

No. Urut 3

Viralisme, mendorong duta besar dan diplomat kita menjadi tenaga pemasar, fasilitator, dan mempromosikan di dalam negeri di luar negeri, dan menarik kesempatan dari luar ke dalam negeri juga. Tokoh-tokoh hebat Indonesia, seperti Niki, Rich Brian, VOB, mereka adalah diplomat Indonesia.

TANGGAPAN AKHIR ANIES

Setiap kegiatan negara ke luar negeri bisa bersama dengan delegasi kebudayaan dan datang ke pusat-pusat kebudayaan di luar negeri.

Globalisasi

Globalisasi

❓Tanya Jawab

Penguatan Pertahanan (Ganjar bertanya kepada Anies)

Ganjar

No. Urut 3

Anggaran untuk membeli Alutsista masih mengandalkan utang. Padahal, target rencana strategis minimum essential force tidak tercapai. Bagaimana solusi untuk mengejar ketertinggalan dan memperkuat pertahanan?


Anies

No. Urut 1

Kita harus memperbesar GDP dan APBN. Kemudian, utang produktif dapat dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian. Pajak dapat diperluas dan ditingkatkan efektivitasnya, hilangkan korupsi. Hilangkan praktek middle-men dalam penyediaan alutsista


Ganjar

No. Urut 3

Peningkatan ekonomi 7% itu adalah wajib. Alokasi 1-2% dari PDB harus dilakukan. Belanja Alutsista menjadi investasi pertahanan kita. Kalau benar dilakukan, kita akan mencapai minimum essential force. Kita perlu Garda Samudra dan Pertahanan sakti 5.0.


Anies

No. Urut 1

Pemanfaatan sumber daya lokal penting untuk diteruskan. Memanfaatkan tenaga dalam negeri untuk bidang pertahanan perlu diinvestasikan secara serius. Memastikan pembelajaan Alutsista bersih, tidak melibatkan korporasi yang korupsi

Penguatan Pertahanan (Ganjar bertanya kepada Anies)

Penguatan Pertahanan (Ganjar bertanya kepada Anies)

Etika Pemimpin & Kedaulatan (Anies bertanya kepada Prabowo)

Anies

No. Urut 1

Apa hubungannya antara standar etika seorang pemimpin negara dengan kemampuannya dalam menjaga pertahanan, keamanan, dan kedaulatan negara?


Prabowo

No. Urut 2

Kepemimpinan itu butuh nilai. Nilai cinta tanah air, kejujuran, dan tidak boleh korupsi dalam bentuk apapun, harus ber-etik dengan benar. Pertahanan itu penting dan sakral, jangan karena ambisi pribadi, kita menyesatkan dan menghasut, membahayakan pertahanan keamanan rakyat


Anies

No. Urut 1

Menjadi presiden harus memiliki standar etika yang tinggi. Dalam kenyataannya, terdapat pelanggaran etika (orang dalam) dalam pengadaan alutsista, pengelolaan food estate, dan cawapres, namun Bapak tetap melanjutkannya. Artinya ada kompromi atas pelanggaran etika. Bagaimana Bapak menjelaskan ini?


Prabowo

No. Urut 2

Data yang diungkapkan keliru semua, dimana masalahnya? Terus terang, karena Anda desak Saya, Saya menilai Anda tidak pantas bicara soal etik

Etika Pemimpin & Kedaulatan (Anies bertanya kepada Prabowo)

Etika Pemimpin & Kedaulatan (Anies bertanya kepada Prabowo)

Prioritas Teknologi Pertahanan (Prabowo bertanya kepada Ganjar)

Prabowo

No. Urut 2

Kalau kita menaikkan anggaran pertahanan sampai 1-2%, bagaimana sikap Anda dalam menentukan teknologi yang perlu diprioritaskan dalam peningkatan pertahanan? Apakah darat, udara, laut, ketiganya, atau yang menggunakan teknologi lebih canggih lagi?


Ganjar

No. Urut 3

Proporsional. Namun, kita tidak ada serangan darat karena kita negara supply chain. Yang menjadi prioritas pertama adalah laut, mereka perlu sonar dan sensor. Kemudian udara, dan terkait ide Prabowo beli pesawat bekas, akan ada risiko yang tinggi saat prajurit pakai pesawat bekas. Makanya kita harus konsisten dalam perencanaan pembangunan pertahanan.


Prabowo

No. Urut 2

Alat perang usianya kurang lebih 25-30 tahun. Bukan masalah bekas atau baru, tapi usia pakai. Kalau kita mau yang canggih dan baru, datangnya 3 tahun kemudian dan baru bisa operasi sesudah 7 tahun, sedangkan 3-7 tahun kita harus deterrence.


Ganjar

No. Urut 3

Perencanaan pembangunan top-down membuat Matra hanya menerima saja. Perencanaan yang dilakukan sangat gegabah, tidak ada keseriusan dalam Pengelolaan industri pertahanan dalam negeri.

Prioritas Teknologi Pertahanan (Prabowo bertanya kepada Ganjar)

Prioritas Teknologi Pertahanan (Prabowo bertanya kepada Ganjar)

Penilaian Kinerja KemHan (Anies bertanya kepada Ganjar)

Anies

No. Urut 1

Tadi kita membahas belanja alutsista, rencana minimum essential force bisa dicapai. Berapa nilai yang Anda berikan atas kinerja kementerian pertahanan yang dipimpin oleh Pak Prabowo?


Ganjar

No. Urut 3

Nilainya lima. Saya sudah menyiapkan datanya. Ketika membangun sistem pertahanan kita, maka perencanaannya harus konsisten. Perencanaannya harus bottom-up, dan mendengarkan keperluan dari matra angkatan. Kritik harus didengarkan, agar kita bisa menjadi negara yang kuat di banyak area


Anies

No. Urut 1

TNI, Polri bekerja sangat baik di lapangan. Tapi dari sisi kebijakan saat ini menurut saya lebih parah. Di era SBY naik gaji 9x, sekarang hanya 3x, kesejahteraannya tidak dipikirkan dengan serius termasuk Tukin. TNI bekerja keras tetapi tidak didukung dengan policy. Kalau saya beri score di bawah 5.


Ganjar

No. Urut 3

Bicara mengenai membela para TNI, Saya bersama mereka. Kami tidak mau jika mereka bertempur dan mati sia-sia. Makanya perencanaan bottom-up adalah yang mereka inginkan, dan bisa mereka gunakan dengan sangat efektif, termasuk pada kesejahteraan. Jika ada masukan dari mereka, saya akan dengarkan

Penilaian Kinerja KemHan (Anies bertanya kepada Ganjar)

Penilaian Kinerja KemHan (Anies bertanya kepada Ganjar)

Klarifikasi Data & Alutsista (Prabowo bertanya kepada Anies)

Prabowo

No. Urut 2

Saya minta ketegasan, karena Cawapres Anda mengatakan untuk apa beli alutsista kalau tidak dalam kondisi perang? Sementara Anda setuju untuk meningkatkan 1-2% belanja alutsista. Kemudian, data yang Anda dan Pak Ganjar sebut juga banyak keliru. Saya sangat transparan. Partai pendukung Anda juga mendukung APBN program KemHan saat ini.


Anies

No. Urut 1

Kita butuh pertahanan sesuai dengan ancaman yang nyata di depan kita, tidak hanya di batas teritorial, tetapi keluarga. Ancaman atas penipuan online, peretasan, terorisme, semua membutuhkan perhatian. Bukan untuk memutuskan belanja alutsista berbasis selera dan preferensi masa lalu, tapi mencerminkan masa depan. Saat ini ancamannya juga mengalami pergeseran. Kemudian, ini bukan soal pribadi, tapi negara dan policy. Kalau datanya salah, tunjukkan disini, jangan di ruang tertutup.


Prabowo

No. Urut 2

Saya tidak bicara di forum tertutup, tapi di DPR komisi I dimana partai pengusung anda hadir. Saya mengundang anda untuk berbicara data di forum terbuka. Anda cinta tidak dengan tanah air? Masa kita mau buka kekurangan kita di depan umum? Apakah pantas kita bocorkan semua data yang tidak baik?


Anies

No. Urut 1

Tidak ada yang perlu dirahasiakan. Bapak punya lahan lebih dari 340.000 hektar, tapi TNI dan prajurit kita lebih dari setengahnya tidak punya rumah dinas. Itu kekurangan yang harus diperbaiki. Ketika Bapak bilang kita harus meningkatkan kesejahteraan, anda sudah menjadi MenHan selama hampir 5 tahun, harusnya bisa menjelaskan apa saja yang sudah dikerjakan. Kalau saya ditugasi, kenaikan gaji akan dilakukan agar TNI dan prajurit terjamin kesejahteraannya.

Klarifikasi Data & Alutsista (Prabowo bertanya kepada Anies)

Klarifikasi Data & Alutsista (Prabowo bertanya kepada Anies)

Penurunan Global Peace Index (Ganjar bertanya kepada Prabowo)

Ganjar

No. Urut 3

Global Peace Index turun, kapabilitas militer turun, proporsi anggaran militer turun. Capaian IMF 54.94%. Mengapa terjadi penurunan, dan apa solusinya?


Prabowo

No. Urut 2

Saya sudah membuat perencanaan, tapi yang menentukan termasuk kementerian keuangan. Saya jadi Menhan 4 tahun, tetapi 2 tahun kita kena Covid-19, dan anggaran dijadikan refocusing, banyak yang direncanakan tidak disetujui oleh Menteri Keuangan. Sebagai team player, saya harus loyal. Masalah pesawat bekas, saya ingatkan, di era Bung Karno saat itu seluruh alutsistanya bekas. Jadi kita sampai sekarang banyak pakai pesawat bekas


Ganjar

No. Urut 3

Bapak tidak menjawab Saya. Data yang Saya katakan, Anda tidak mampu bantah. Saya tidak pernah membahas pesawat bekas. Apa yang bapak jawab dari seluruh pengeluaran pertahanan? Saya meragukan itu, karena bapak tidak bisa membantah data disini.


Prabowo

No. Urut 2

Saya bisa bantah, Saya transparan. Penjelasan begitu rumit tapi waku terbatas. MEF mulai dari berapa periode yang lalu. Menteri Pertahanan sebelum Saya apa tidak berpengaruh? Menteri Keuangan banyak tidak menyetujui. Mari diskusi dengan baik sebagai negarawan dan tidak mencari hal-hal yang keliru.

Penurunan Global Peace Index (Ganjar bertanya kepada Prabowo)

Penurunan Global Peace Index (Ganjar bertanya kepada Prabowo)

Menemukan konten yang kurang sesuai?

Jika kamu menemukan konten kami yang dirasa kurang sesuai, baik dari segi sumber informasi atau data, masukkan feedbackmu melalui feedback form atau kontak kami melalui contact@bijakmemilih.id, agar kami dapat mereview ulang.

Baca profil pasangan lainnya

Baca profil pasangan lainnya

no.1

Anies & Cak Imin

Anies Baswedan

Calon Presiden

Muhaimin Iskandar

Calon Wakil Presiden

no.2

Prabowo & Gibran

Prabowo Subianto

Calon Presiden

Gibran Raka

Calon Wakil Presiden

no.3

Ganjar & Mahfud

Ganjar Pranowo

Calon Presiden

Mahfud MD

Calon Wakil Presiden